Sabtu, 19 November 2011

Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt

Setiap orang pasti memiliki rahasia, entah itu rahasia pribadi, rahasia keluarga, atau rahasia organisasi. Di dunia komputer ternyata dikenal juga rahasia yang bisa berupa file atau data rahasia yang tidak boleh dibaca oleh orang lain. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin memberi tutorial cara melindungi data-data rahasia kalian agar tidak bisa diakses oleh tangan-tangan jahil melalui proses enkripsi. Proses enkripsi tersebut akan menggunakan bantuan TrueCrypt.
TrueCrypt 092 Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt
TrueCrypt adalah aplikasi gratis dan open-source yang digunakan untuk melakukan enkripsi data. Kalian bisa mengunduh TrueCrypt di sini. Setelah download selesai, ekstrak file tersebut, lalu jalankan installer TrueCrypt dengan perintah berikut:
chmod +x truecrypt-7.0a-setup-x86
./truecrypt-7.0a-setup-x86
Jendela instalasi TrueCrypt akan muncul, ikuti saja petunjuk di layar untuk menyelesaikan instalasi.
xmessage 093 Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt
Setelah proses instalasi selesai, buka TrueCrypt via “Applications > Accessories > TrueCrypt”. Jendela aplikasi akan terbuka:
TrueCrypt 094 Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt
Pilih salah satu “slot” yang tersedia, kemudian klik tombol “Create Volume” sehingga kalian akan dihadapkan dengan jendela seperti gambar di bawah ini:
TrueCrypt+Volume+Creation+Wizard 095 Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt
Pilih “Create an encrypted file container” kemudian klik “Next”.
TrueCrypt+Volume+Creation+Wizard 096 Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt
“Standard TrueCrypt volume” digunakan untuk membuat volume standar, sedangkan “Hidden TrueCrypt volume” digunakan untuk membuat volume tersembunyi yang biasanya tidak muncul di file manager. Pilih sesuai kebutuhan, dalam contoh ini saya memilih “Standard TrueCrypt volume”.
TrueCrypt+Volume+Creation+Wizard 097 Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt
Pilih “Select file …” sehingga kalian akan diminta untuk mengisikan nama file container yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan file-file rahasia kalian.
Specify+a+New+TrueCrypt+Volume 098 Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt
Perhatikan gambar di atas, saya menyimpan dengan nama file “Confidential” di dalam folder “/home/hok00age”. Kalian bisa mengubahnya sesuai selera, kemudian klik “Save”.
TrueCrypt+Volume+Creation+Wizard 099 Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt
Jika sudah yakin dengan pilihan kalian silakan klik “Next” untuk melanjutkan. Kalian akan dihadapkan lagi dengan pilihan algoritma enkripsi yang akan digunakan:
TrueCrypt+Volume+Creation+Wizard 100 Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt
Jika kalian bingung dengan pilihan yang ada (sama seperti saya icon razz Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt ) klik saja “Next”.
TrueCrypt+Volume+Creation+Wizard 101 Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt
Isikan ukuran file container yang akan digunakan, dalam contoh ini saya mengisikan 1024 MB alias 1 GB. Isi sesuai kebutuhan kalian masing-masing, kemudian klik “Next”.
TrueCrypt+Volume+Creation+Wizard 102 Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt
Sekarang saatnya mengisi password untuk membuka file container yang akan dibuat, isi menurut keyakinan hati kalian masing-masing icon biggrin Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt , kemudian klik “Next” untuk melanjut.
TrueCrypt+Volume+Creation+Wizard 103 Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt
Saya sarankan kalian memilih “FAT” pada opsi “Filesystem type”. Hal ini memungkinkan kalian dapat mengakses file terenkripsi di sistem operasi apapun termasuk Windows, Linux, dan Mac (CMIIW icon razz Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt ) yang terinstal TrueCrypt di dalamnya. Jangan lupa klik “Next” untuk melanjut.
TrueCrypt+Volume+Creation+Wizard 104 Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt
Kalian hampir selesai! Klik tombol “Format” untuk menyelesaikan proses pembuatan file container. Proses ini akan berjalan cukup lama tergantung kapasitas file container yang kalian buat.
TrueCrypt+Volume+Creation+Wizard 105 Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt
Klik “Exit” untuk menutup jendela wizard.
Setelah volume atau file container selesai dibuat, kalian harus melakukan “mount” terlebih dahulu dengan TrueCrypt untuk dapat mengakses volume tersebut. Caranya, buka TrueCrypt dan klik tombol “Select File …”.
TrueCrypt 106 Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt
Kalian disuruh untuk memilih file yang tadi kalian buat lewat wizard TrueCrypt.
Select+a+TrueCrypt+Volume 107 Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt
Karena dalam contoh tadi saya membuat file container dengan nama “Confidential” maka dalam jendela di atas saya memilih file “Confidential” kemudian diikuti dengan klik tombol “Open”.
TrueCrypt 108 Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt
Pilih slot yang tersedia lalu klik “Mount”. Masukkan password ketika diminta diikuti dengan klik tombol “OK”.
TrueCrypt 109 Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt
Jika semua berjalan dengan lancar, seharusnya kalian sudah bisa mengakses file-file rahasia kalian di Nautilus. Pada menu di gnome-panel, klik menu “Places” dan pastikan ada satu nama gokil di situ icon razz Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt .
Selection 110 Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt
Kalian bisa melakukan manajemen file baik itu menambah, mengedit, menghapus ketika file container yang bersangkutan dalam keadaan di-”mount”. Setelah kalian selesai bekerja dengan file-file rahasia, jangan untuk meng-”unmout” kembali file container-nya agar tidak bisa dibuka oleh orang lain. Caranya buka TrueCrypt dan pilih slot tempat kalian me-”mount” file container lalu klik “Dismount”.
TrueCrypt 111 Cara Melindungi Data Rahasia Anda dengan TrueCrypt

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev home